Review Realme Narzo 20, Mid Range Killer Dengan Kapabilitas Gaming Tinggi!

Inilah review Narzo 20 yang kami lakukan untuk para gamers yang bingung memilih smartphone mana cocok untuk budget dan bermain game kesayangan kalian!

Bagi kalian yang memang sedang mencari handphone dengan power tinggi, fitur lengkap, dan juga tentunya nyaman pasti akan berpikir bahwa harganya pasti mahal. Tenang saja, tidak seperti yang kalian pikirkan karena Narzo 20 datang dari Realme membuka akses mudah ini untuk kalian.

Narzo 20 juga sangat fleksibel. Bagi kalian yang mencari daily driver maka Narzo 20 sangat tepat berkat UX yang sangat baik dan nyaman digunakan dan juga fitur seperti kamera, layar, dan grip yang nyaman bisa membuat kalian betah. Bagi kalian para gamer Narzo 20 juga tidak ketinggalan dan bahkan bisa dibilang bisa disandingkan dengan hape mahal lainnya.

Dibekali dengan memori 4+68/128GB kalian akan sangat dimanjakan. Bisa muat banyak game dan file lainnya, RAM 4GB juga bisa dibilang lebih dari cukup bagi kalian yang bermain game mobile umum seperti Mobile Legends, PUBG Mobile, Free Fire, dan bahkan lancar memainkan game berat seperti Genshin Impact.

Tidak hanya itu saja, dengan chipset Helio MediaTek Helio G85 (12nm) maka performa Narzo tidak perlu lagi kalian ragukan. Ingin data yang lebih lengkap? Kalian bisa cek skor Antutu milk Narzo ini. Duduk dengan skor 205000 maka membuat Narzo lebih baik dari beberapa hape umum lainnya, sebut saja Redmi 9, Samsung Galaxy A51, Honor 9X, dan lainnya.

Chipset yang tertanam di Narzo 20 ini memang sangat diunggulkan dalam gaming. Katanya sih Helio G85 Gaming Processor yang satu ini memang akan memanjakah hape kalian. Sangat kuat dan cocok untuk gaming, hape ini layak untuk menjadi hape utama gaming kalian nantinya.

Dengan performa ganas ini kalian tidak butuh merogoh kocek besar. Narzo 20 hanya dijual online dengan harga mulai dari Rp. 2.000.000 saja! Harga murah ini diduga karena tidak adanya biaya distribusi dan juga dari segi material hape tersebut. Jadi bagi kalian yang membutuhkan performa monster, Narzo sangat layak digunakan.

Unbox Narzo 20

Ketika melakukan unbox kalian bisa mendapatkan charger dengan kitab-kitabnya yang berisikan petunjuk dan peringatan. Selain itu, ketika kalian membeli akan mendapatkan garansi sudah ada kartu jaminan

Fisik Dan Desain

Jika kalian perhatikan dari desain Narzo, tentunya akan lansung berpikir bahwa ini bukan hape murah. Sleek design yang elegan ini bisa dibilang mirip dengan Realme seri C seperti C17. Tersedia dengan dua warna yaitu Silver Sword dan Blue Blade memang membuat Narzo tidak memiliki banyak pilihan.

Pilihan dua warna bodi ini memang sekarang kurang relevan. Mengingat akan banyak pengguna yang menggunakan proteksi tambahan untuk bodi hape mereka, jadi hal ini kurang begitu penting. Tetapi bagi kalian yang memang ingin menggunakan warna lain bisa menggunakan casing tambahan lagi.

Dengan ukuran dimensi 164.5 x 75.9 x 9.8 mm (6.48 x 2.99 x 0.39 in) dan berat 208 g (7.34 oz), memang Narzo adalah hape yang cukup ringan. Berbeda dengan seri Realme lainnya yang memang agak berat, disini dengan bobot yang lebih ringan akan lebih nyaman dipegang dan juga membantu grip kalian.

Cukup sederhana dan simpel. Kalian memiliki set tombol di bagian kanan hape kalian. Mulai dari tombol volume dan power yang cukup wajar. Berbeda dengan Narzo biasa, Narzo 20 memiliki fingerprint di belakang bodi, sedangkan Narzo menyatu dengan tombol power hape tersebut.

Untuk sisi kiri ada slot SIM dan memori tambahan yang bisa kalian buka dengan pin. Tidak ada yang spesial dari sini dan sama dengan yang lainnya.

Untuk dibawah hape ada slot untuk charge yang mana Narzo sudah bisa menggunakan 18W Flash Charge. Narzo bahkan percaya diri dengan menjanjikan full charging yang membutuhkan waktu super cepat. Waktu singkat ini sangat membantu bagi kalian yang ingin cepat langsung bermain lagi atau memanfaatkan waktu.

Selain charging port ada juga slot jack 3,5mm dan juga microphone dan speaker yang tertera. Pastinya dengan slot jack 3,5mm ini akan membantu kalian untuk menggunakan headphone atau sound output lainnya yang umum di pasaran.

Dengan layar yang luas untuk memanjakan mata kalian, kamera Narzo didepan layar cukup umum di desain Realme lainnya. Ada sebuah titik yang menjadi rumah kamera dan bisa kailan temukan di hape Realme lainnya.

Tidak lupa dengan cirikhas Realme dengan logo mereka yang tertera di belakang bodi Narzo, cukup simple dan elegan. Tidak berlebihan menjadi nilai plus bagi kami.

Visual, Output, Dan Layar

Sayangnya untuk visual sendiri, Narzo 20 kalah dengan Narzo biasa yang dibekali layar 90Hz. Tetapi tergantung kebutuhan kalian terkadang layar 90Hz tidak terlalu digunakan banyak. Terutama gaming mobile, layar 90Hz yang bisa mendukung lebih dari 60 FPS+ tidak didukung banyak game.

Jadi dengan mengorbankan layar ini, kalian bisa lebih hemat sekiranya Rp1.000.000. Jadi walau bisa kalian bilang bahwa Realmer Narzo 20 adalah hape budget, performanya bukan budget ya.

Layar yang digunakan di Narzo 20 juga akan sangat menguntungkan kalian yang bermain game, terutama pemain moba dan shooter. Dengan 16,5 cm mini-drop fullscreen dan 20:9 ratio kalian akan memiliki FoV yang lebih luas. Hal ini berguna bagi kalian yang membutuhkan vision yang lebih baik dan lancar.

Batere Dengan Daya Super Besar

Pastinya main game terus-menerus, terutama dengan setingan rata kanan akan menguras baterai. Banyak keluhan pemain yang sedang mabar bersama teman-temannya dan tiba-tiba sedang war atau teamfight muncul notifikasi baterai lemah yang mengganggu. Narzo 20 paham akan hal ini dan oleh sebab itu Narzo 20 dibekali baterai besar.

Tidak tanggung-tanggung bahwa Narzo 20 menggunakan baterai 6000 mAh. Untuk Standby bisa sampai 45 hari nyala terus, tetapi hal ini tidak memperhitungkan pekerjaan berat dan gaming. Jika kalian gaming dengan aplikasi background seperti Whatsapp, Instagram, dan Twitter menyala tenang saja.

Kapasitas besar dari Narzo 20 ini bisa membuat kalian tenang karena bahkan dengan aktif bermain game saja, kalian bisa kuat terus-menerus sampai dua hari penuh! Ya memang walau kasihan mata kalian, setidaknya tidak terbuang waktu kalian untuk bolak-balik charge. Jadi tidak ada alasan lowbat ketika diajak mabar teman kalian.

Charging Smartphone

Charging dari Smartphone ini sangat cepat dengan Input 100-240 V dan output 5 V dan 2.0A. Tentunya dengan kapasitas seperti itu membuat kalian tidak akan berlama-lama dalam melakukan charging smartphone.

Jadi untuk para gamers yang membutuhkan daya kapabilitas baterai dan charging yang cepat dan besar. Sangat cocok nih buat kalian melakukan push rank terus dengan Narzon 20 ini

Kamera

Isi Smartphone tidak main-main, desain ergonomis, gaming bisa sampai mata kering, masih kurang? Bagi kalian yang ingin menggunakan Narzo untuk hape daily driver ataupun mengisi sosial media kalian dengan foto atau video ciamik, Narzo juga tidak lupa dengan hal ini.

Kamera belakang Narzo ada 3 lensa. Yang pertama adalah 119˚ Ultra Wide-angle Lens yang bisa menghasilkan foto luas atau panoramic yang baik. Masih kurang lagi? Tenang karena Narzo 20 memiliki dua lensa lagi. Dengan kamera utama 48 MP menghasilkan hasil detail dengan spektrum warna tajam, ada juga kamera makro 4 cm. Sekarang semakin mudah jadi fotografer.

Bahkan 48 MP kalian ini bisa menghasilkan 6000×8000 RES yang mana lebih besar dua kali lipat dari TV 4K! Disini kalian bisa ambil foto dengan kualitas yang tidak main-main dan bebas mengedit, crop, dan resize tanpa takut kualitas menurun. Bagi kalian yang membutuhkan kamera terbaik, bisa jadi referensi tambahan nih.

Uji Coba Kamera

Belakang

IMG20201119072413 scaled

Depan

IMG20201120113658 scaled

UX

Jika kita berbicara mengenai produk Realme, sebenarnya hampir semuanya cukup sama. Tetapi ini merupakan hal baik, terutama para pengguna yang ingin upgrade atau pindah, tidak mengalami kesulitan. Di Narzo 20 ini, UX nya cukup nyaman, tidak membuat para pengguna kagok ketika pertama pegang.

Grip yang nyaman juga akan membuat betah ketika gaming seharian dan menariknya bahan plastik yang digunakan Narzo 20 sangat cocok. Jadi ketika melakukan gaming intense, Narzo 20 akan terasa ringan, tidak membuat kalian keberatan dan juga cocok dalam posisi apapun. Selain itu walau menggunakan bodi plastik, material yang digunakan tidak terasa murahan.

Layar yang smooth dan juga nyaman digunakan bisa jadi acuan bagi kalian yang gemar didepan laya. Mungkin hal ini memang seringkali muncul di hape Realme karena menurut pengalaman saya pribadi yang pernah memiliki Realme 3 Pro dan Realme C17, Narzo 20 mungkin tidak berbeda jauh dari UX.

Untuk pengguna lama Realme atau yang baru saja pindah ke Realme, Narzo 20 adalah pilihan yang cocok. Tentunya hal ini sangat membantu pengguna dalam mendapatkan kenyamanan terbaik mereka.

Benchmark

Walaupun harga yang tidak mahal, kalian bisa mendapatkan benchmark Up to 200K. Tentunya dapat melibas semua game-game dengan settingan low-medium dan mendapatkan FPS yang lancar.

Game Space!

Screenshot 2020 11 21 08 28 17 76 1

Fitur utama yang harus kalian gunakan sebagai gamers sejati. Pada Narzo 20 ini kalian bisa melihat merasakan fitur game space yang melakukan boost saat kalian bermain game. Baik dari segi signal, Manajemen Ram, dan terakhir optimisasi pada segi baterai dari Narzo 20 ini.

Uji Coba Game

PUBG

Kami mendapatkan stabil 60+ FPS dalam permainan ini tapi kalian harus berada dalam posisi smartphone tidak panas lebih dari 40 derajat. Tentunya, dengan settingan Smooth-ultra dalam game.

Ketika kalian melakukan settingan HD di smartphone ini, Narzo 20 akan mengalami beberapa fluktuatif FPS tapi tidak sampai ngelag maupun FPS Drop. Hanya saja kalian kadang tidak mendapatkan diatas dari 60 FPS. Meskipun begitu, Narzo 20 akan tetap lancar. Ohiya, Kami sarankan yang mau settingan HD tanpa fluktuatif lebih baik menggunakan Narzo 20 Pro.

Mobile Legends

Untuk mobile legends sendiri kalian akan merasakan pengalaman bermain yang berbeda di smartphone narzo 20. Hal ini karena kalian bisa mendapatkan settingan HD tanpa FPS drop saat bermain ini.

Namun, ketika mulai panas dimenit 30-35 menit atau game ke 4 yang kami coba, FPS mulai flutuatif tapi tidak sampai ngelag saat bermain. Untuk settingan low sama mid kami kira tidak masalah dan bisa kalian mainkan dengan baik dengan Narzo 20.

Free Fire

Untuk kalian yang suka bermain free fire, Narzo 20 merupakan pilihan yang tepat. Hal ini karena kalian akan lancar sekali bermain free fire di smartphone ini. Selain itu, kalian akan merasakan sensai layar yang berbeda dengan Smartphone pada mid range lainnya.

FPS kalian tidak akan drop saat memainkan free fire dengan menggunakan Narzo 20. Ditambah kalian bisa melihat detail termasuk musuh-musuh kalian yang dari jauh menggunakan layar dari Narzo 20 ini

Wild Rift

1606121510815 scaled

Saat memainkan wild rift, kalian bisa memaksimalkan FPS diatas 60 pada settingan low-medium. Sementara ketika kalian melakukan settingan high, maka fps mentok di 60 saja. Namun, kalian tetap bisa bermain lancar tanpa ada halangan atau FPS drop yang tiba-tiba bikin kalian lag.

Genshin Impact!

Settingan High

Saat melakukan percobaan dengan settingan high, kami mendapatkan beberapa FPS drop di game genshin impact. Namun smartphone Narzo 20 ini bisa dibilang dingin untuk melakukan game dengan settingan high.

Setinggan Medium

Pada setinggan medium saat memakai Narzo 20 akan terasa lancar sekali. Setelah 30 menit lebih pemakaian bermain genshin impact sama sekali tidak panas dan juga lancar saat bermain tanpa FPS drop.

Layak Dibeli

Jika kalian mencari hape yang memiliki kapasitas baterai layaknya monster, Narzo 20 bisa jadi referensi utama bagi kalian. Kapasitas besar membuat Narzo 20 sangat cocok bagi banyak kalangan, baik gamers, aktif di media sosial, atau memang aktif di lapangan dan jarang menemukan stop kontak.

Tidak hanya kapasitas besar karena charging yang sangat cepat ini juga sangat berguna untuk aktif kembali. Bahkan dari 0% sampai 100% bisa kurang dari 45 menit saja yang mana sangat menakjubkan.

Untuk para gamers, spek dari Narzo 20 juga cukup baik. Untuk beberapa game populer sebut saja Mobile Legends dan Free Fire rata kanan bukan hal yang biasa lagi. Untuk game yang agak berat nih seperti PUBG Mobile dan Wild Rift, bisa kalian custom setting untuk mendapatkan full 60 FPS, tetapi tidak rata kiri jadi masih terlihat baik.

Sebagai hape segmen low sampai midrange, bisa dibilang keluarga Narzo, Narzo 20, dan Narzo 20 Pro adalah pilihan terbaik kalian. Bisa menyaingi banyak hape mid range lainnya dan bahkan mid-high range dengan konsisten membuat Narzo 20 sangat worthed sekali. Beli hape ini untuk performa lancar, charge/baterai, dan display yang tidak begitu buruk.

Spesifikasi

Chipset

  • Helio G85 Gaming Processor (Powerful Octa-Core 64bits Processor + 200K Scores in AnTuTu Benchmark)
  • CPU1 Arm Cortex-A75 @2GHz*2
  • CPU2 Arm Cortex-A55 @1.8HGz*6
  • Octa-Core 64-bit CPU
  • GPU Arm Mali-G52 MC2
  • 1GHz Max GPU Frequency

Display

  • 16.5cm (6.5″) Mini-drop Fullscreen
  • 88.7% screen-to-body ratio 2.5D
  • Corning Gorilla Glass

Baterai

  • 6000mAh Mega Battery Up to 45 days standby
  • Battery Safety
  • Super Power Saving Mode
  • Reverse Charging

Charging

  • 18W Type-C Quick Charge
  • Support QC 2.0 18W
  • In-box Quick Charge Device
  • Type-C Ports

Camera Utama

  • 48MP AI Triple Camera 8
  • MP resolution, 119° Ultra Wide-angle Lens
  • Macro Lens

Kamera Depan

  • HD Selfie
  • 8MP Selfie Camera
  • AI Beauty
  • Potrait Mode

Fitur Lainnya

  • Support dual sim card + External memory Up to 256GB
  • Rear Fingerprint
  • Support 5GHz Wi-fi (support 2.4GHz & 5GHz Wi-Fi)

Quality Test

  • 28,000 times micro drop test
  • 200,000 times power button test
  • 100,000 times volume button test

Isi Kemasan Dalam Box

  • Narzo 20*1
  • 18W Charger*1
  • USB Type-C Cable*1
  • Sim Card Tool*1
  • User guide & Warranty Card*1

Website ini menggunakan Coookie untuk kestabilan akses, Apakah kamu menerimanya? Terima! Detail Tetang Cookie

error: Content is protected !!