esportsku
Media Esports Indonesia

Cara Mudah Mengatasi HP yang Hidup Mati Sendiri!

Pernahkah HP kamu mati secara tiba – tiba saat sedang asik bermain game ataupun browsing. Bahkan gak cuma mati sendiri, kadang tiba – tiba restart sendiri berulang kali. Pasti sangat mengesalkan, apalagi jika sangat dibutuhkan. Belum lagi jika pekerjaanmu sebelumnya dan juga progress game yang dimainkan belum kamu simpan. Tentu saja hal tersebut akan membuat semuanya hilang dengan sia – sia.

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Pernahkah HP kamu mati secara tiba – tiba saat sedang asik bermain game ataupun browsing. Bahkan gak cuma mati sendiri, kadang tiba – tiba restart sendiri berulang kali. Pasti sangat mengesalkan, apalagi jika sangat dibutuhkan. Belum lagi jika pekerjaanmu sebelumnya dan juga progress game yang dimainkan belum kamu simpan. Tentu saja hal tersebut akan membuat semuanya hilang dengan sia – sia.

Ponsel mati sendiri atau restart berulang kali ini tak hanya terjadi pada brand – brand tertentu saja. Hampir semua produk brand ponsel suka terjadi hal – hal seperti itu. Ada beberapa hal yang menyebabkan ponselmu seperti itu guys. Beberapa penyebab yang biasa terjadi adalah sistem operasi yang error, status baterai yang error, memori internal yang terlalu penuh, sistem root eror serta kondisi yang over heat.

Baca Juga : 4 Kesalahan Gameplay Role Tank yang Sering Terjadi.

Kamu tidak perlu cemas dengan kondisi yang menyebalkan begitu guys. Tak harus langsung ganti dengan smartphone yang baru. Ada beberapa solusi yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi keadaan tersebut. Solusi tersebut akan membantu untuk mempercepat dan membuat kinerja ponselmu kembali seperti semula. Yuk simak beberapa solusi berikut!

 

  • Lakukan update sistem operasi ponselmu

 

Semua smartphone akan selalu memperbaiki sistem operasi serta sistem keamanan pada sistem operasinya. Misalnya Android akan selalu menyediakan update, begitupula dengan MIUI sebagai sistem operasi brand Xiaomi. Namun, terkadang ponselmu tidak menyediakan update-annya secara otomatis. Biasanya hal ini terjadi karena ponsel yang kamu gunakan termasuk seri lama. 

Kamu harus mengecek update sistem operasi ponselmu secara manual jika tidak disediakan update secara berkala. Caranya adalah dengan membuka menu setting, pilih about, lalu pilih system update. Pastikan sistem operasi ponselmu sudah menjadi versi yang terkini. 

Baca Juga : Bocoran Skin Death Box dan Skin Tas Free Fire

 

  • Memperbaiki status baterai ponselmu

 

Status baterai yang eror harus diperbaiki supaya kinerja ponselmu membaik. Biasanya ponselmu menjadi mati sendiri ketika baterai sudah habis, meskipun di indikatornya tidak menunjukkan hal seperti itu. Kamu bisa mengatasi hal ini dengan cara menggunakan aplikasi Battery Callibaration. Kamu bisa mengunduhnya secara gratis di Google Play Store. 

 

  • Bersihkan RAM ponsel secara berkala

 

Aplikasi yang diinstall kadang memakan RAM yang banyak. Apalagi jika aplikasinya berjalan di background, biasanya akan memakan RAM secara terus – menerus. Sebaiknya kamu menghentikan bahkan menghapus aplikasi yang tidak terlalu penting dan terus – menerus berjalan di background. Kamu juga bisa menghentikan aplikasi tersebut secara paksa dengan memilih opsi force stop. Sebaiknya kamu membeli ponsel dengan RAM minimal 6 GB jika kamu terbiasa multitasking. 

Baca Juga Spesifikasi Pisol PUBGM yang Harus Kalian Ketahui

 

  • Menghapus junk file dan chace

 

Junk file dan chace dapat menyebabkan memori internal menjadi penuh. Junk file ini bisa ada setelah kamu menghapus sebuah file, namun tetap ada folder penyimpanan sementara.Chace adalah memori yang menyimpan file sistem yang berfungsi untuk menyimpan file konfigurasi supaya bisa diakses lebih cepat. Kamu bisa menggunakan aplikasi CC cleaner supaya dapat menghapus junk file dan chace lebih mudah. 

 

  • Melakukan unroot 

 

Proses unroot akan membantu jika ponselmu pernah melakukan root. Risiko yang ditimbulkan rooting ini lebih banyak dibandingkan manfaatnya. Rooting bisa membuat sistem operasi eror, keamanan ponselmu mudah diretas dan ponsel juga mudah hang. Jadi sebaiknya kamu melakukan unroot.

Baca Juga : Bocoran Royale FF Terbaru

Nah, itulah 5 solusi yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi ponsel yang mati atau melakukan restart sendiri. Semoga membantu yaa. Selamat mencoba guys!

Salam teknologi!

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.

Website ini menggunakan Coookie untuk kestabilan akses, Apakah kamu menerimanya? Terima! Detail Tetang Cookie

error: Content is protected !!