Garena Perusahaan Tersukses Di Asia Tenggara Berkat Free Fire!

SEA dan LATAM adalah pasar yang sangat cocok untuk Free Fire. Kedua region ini memiliki pemain smartphone yang sangat besar. Selain itu dibandingkan region lainnya, SEA dan LATAM tidak memiliki device yang terlalu tinggi, sehingga Free Fire lebih laku dibandingkan battle royale populer lainnya yang sebut saja Fortnite atau PUBG Mobile.

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Garena jadi perusahaan tersukses di Asia Tenggara berkat Free Fire. Tidak bisa dipungkiri lagi jika Free Fire adalah game yang paling populer di beberapa region. Memiliki kesuksesan di region SEA dan LATAM tentunya tidak aneh lagi karena Free Fire mendominasi pasar yang berkembang. Beberapa region ini juga memiliki kesamaan.

SEA dan LATAM adalah pasar yang sangat cocok untuk Free Fire. Kedua region ini memiliki pemain smartphone yang sangat besar. Selain itu dibandingkan region lainnya, SEA dan LATAM tidak memiliki device yang terlalu tinggi, sehingga Free Fire lebih laku dibandingkan battle royale populer lainnya yang sebut saja Fortnite atau PUBG Mobile.

Ditambah lagi casual shooting game seperti Free Fire sangat laku dipasaran. Inilah alasannya game yang terlalu competitive seperti game shooter di PC tidak begitu laku. Selain terlalu competitive, game-game di PC agak sulit di akses untuk beberapa region dan negara berkembang.

Garena yang menuai sukses sebagai perusahaan di bidang industri gaming memang tidak mengagetkan lagi. Mereka merupakan pemain lama yang sudah bergelut di bidang ini.

Berkat Free Fire sendiri memang Garena menjadi raksasa gaming di SEA dan LATAM. Walau memang bukan hanya Free Fire saja game yang bisa kalian mainkan dari Garena, tetapi tidak bisa dipungkiri lagi bahwa Free Fire mendominasi pasar saat ini.

MENDOMINASI PASAR SEA!

Dari lampiran laporan keuangan Garena Q2 (quarter kedua) tahun 2020 ini terlihat memang sangat mengagumkan. Bagaimana tidak keuntungan Garena pada Q2 ini sangat melonjak jika dibandingkan dari tahun lalu. Sebesar lebih dari 70% bukanlah hal yang kecil mengingat EBITDA (Earnings before interest, taxes, depreciation and amortization) memiliki selisih yang cukup tinggi.

Keutungan Garena pada Q2 bukanlah hal yang kecil atau main-main. Garena mendapatkan keuntungan sebesar $716m (+61.6% YoY) dan EBITDA sebesar $436m (+65.4% YoY). Peningkatan yang sangat tinggi ini sebagian besar berasal dari game handphone mereka. Kedua game tersebut adalah Free Fire dan Arena of Valor, tetapi Garena memiliki dominasi berkat Free Fire. Free Fire sendiri bisa mengangkat angka yang sangat tinggi dengan sendirinya.

Pemain Aktif Yang Tidak Masuk Akal!

Data dari garena pada Q2 2020 ini juga sangat menarik. Garena melaporkan bahwa ada kurang lebih 500 juta pemain aktif yang memainkan game mereka. Perlu diingat bahwa sebagian besar datang dari Free Fire. Hal ini jika kalian bandingkan dengan tahun lalu meningkat sampai 61%!

Tetapi pemain aktif ini bukan itu saja data yang menarik. Terhitung dari semua pemain aktif tersebut ada juga pemain yang aktif mengeluarkan uang. Jumlah pemain yang aktif mengeluarkan uang sebesar kurang lebih 50 juta pemain. Dibandingkan tahun lalu angka ini meningkat sebesar hampir 100%!

Garena Memecahkan Rekor Dengan Free Fire

Free Fire menemukan kesuksesan di pasar berkembang terutama berkat Fortnite yang sudah tidak ada lagi di App Store dan Play Store. Selain itu sulitnya akses ke PUBG Mobile juga yang membutuhkan spek tinggi membuat Free Fire menjadi game yang sangat populer.

Memiliki rekor 100 DAU (Daily Active User) dan juga banyaknya pemain aktif membuat Free Fire sebagai raksasa dalam industri gaming. Sangat populer di SEA dan LATAM menjadi bukti dominasi Garena dan Free Fire dengan data yang selalu menanjak tinggi.

Baca juga:

Data ini dikutip dari Daniel Ahmad, seorang analis industri gaming Niko Partners dengan akun Twitter miliknya ZhugeEx. Data ini tentunya tidak bisa diremehkan karena 2020 masih belum berakhir. Diharapkan pada akhir tahun nanti data ini bisa meningkat lagi semakin jauh. Ikuti juga media sosial kami di Instagram esportsku.

Website ini menggunakan Coookie untuk kestabilan akses, Apakah kamu menerimanya? Terima! Detail Tetang Cookie

error: Content is protected !!