Season Recap di PUBG Mobile yang Harus Kamu Pahami!

Contohnya, sekarang PUBG Mobile sedang berada di Season 13, yang berarti kalian hanya bisa lihat season recap untuk Season 12. Namun, hanya satu season yang bisa kalian lihat, season lainnya tidak bisa kalian lihat.

YT/RahulRai

Ketika kalian bermain PUBG Mobile untuk satu season penuh, pasti muncul rasa penasaran bagaimana performa kalian atau rekapan permainan kalian selama satu season tersebut. Walaupun sebenarnya hal ini dapat kalian lihat sendiri di dalam fitur statistik, namun rasanya terlalu malas untuk melihat dan menghitungnya sendiri, bukan?

Bagi kalian yang merupakan player PUBG Mobile yang bermain untuk  bidang kompetitif, melihat rangkuman atau hasil rekapan permainan kalian di tiap season merupakan hal yang penting untuk memantau apakah kalian mengalami progres atau tidak.

PUBG Mobile menyediakan season recap yang hanya bisa kalian akses di season yang sedang berjalan, namun hanya bisa melihat season yang sudah berlalu tentunya.

Baca Juga : 10 Life Hacks PUBG Mobile yang Wajib Kamu Coba, Hack PUBGM Mudah!

Contohnya, sekarang PUBG Mobile sedang berada di Season 13, yang berarti kalian hanya bisa lihat season recap untuk Season 12. Namun, hanya satu season yang bisa kalian lihat, season lainnya tidak bisa kalian lihat.

Jadi sebaiknya untuk melihat progres gameplay kalian atau sekedar hanya membandingkan performa satu season ke season lainnya, kami menyarankan untuk menyimpan screenshot setiap season recap yang kalian punya.

Season recap memiliki banyak penjelasan di dalamnya, dan kami akan menjelaskan apa maksud dan fungsi dari setiap point yang tertera di dalam season recap tersebut. Yuk simak penjelasannya di bawah ini!

Cara Melihat Season Recap

YT/SugMadig69

Bagi kalian yang belum mengetahui apa itu season recap, pastinya akan asing bagi kalian untuk menemukan dimana fitur season recap tersebut.

Menemukannya sangat mudah, jika kalian sudah Log-In atau sudah berada di dalam Lobby PUBG Mobile, kalian hanya perlu menekan pilihan Season 12 atau Season 13 yang berada di pojok kiri bawah layar smartphone kalian. Jika sudah melihatnya, maka klik pilihan tersebut.

Kalian akan melihat beberapa pilihan atau penjelasan tentang tier rewards akun PUBG Mobile kalian. Biasanya kalian pasti akan menuju fitur ini jika ingin mengumpulkan hadiah dari tier rewards, bukan?

Tahukah kalian bahwa selain mendapatkan hadiah tier rewards, pada laman ini kalian juga bisa menemukan pilihan untuk melihat peringkat server dan tentunya season recap. Tambahan sedikit bagi kalian yang belum memahami apa fungsinya laman peringkat server. Apa fungsinya melihat peringkat server?

Bagi kalian yang suka melakukan push rank hingga peringkat conqueror, pasti kalian tidak akan asing dengan laman peringkat server. Peringkat server biasanya sering dikunjungi oleh pemain yang memang ingin mengejar peringkat conqueror, maka laman peringkat server ini digunakan untuk melihat berapa poin yang mereka butuhkan untuk mencapai peringkat conqueror.

Namun bukan peringkat pertama yang dijadikan acuan, melainkan peringkat ke 99 atau 100. Tidak perlu menjadi peringkat pertama untuk mendapatkan title conqueror, karena conqueror sendiri berdasarkan 100 besar terbaik di server tersebut. Jadi berada di peringkat 90an pun bukan jadi masalah, dan kalian akan tetap mendapatkan title conqueror.

Kembali ke penjelasan season recap, jika kalian melihat di sebelah kanan bawah layar smartphone kalian ada pilihan fitur season recap, maka tandanya season recap kalian sudah rilis.

Waktu yang tepat untuk melihat update season recap kalian adalah pada pergantian atau pada awal season baru telah berjalan. Misalnya, kalian ingin melihat hasil rekapan musim atau season recap untuk Season 12, maka rekapan tersebut akan muncul pada Season 13.

Untuk waktunya kapan, tidaklah menentu. Terkadang rekapan tersebut akan muncul pada awal season, pertengahan season, atau bahkan bisa pada akhir season.

Karena PUBG Mobile terkadang tidak mengeluarkan hasil rekapan season tiap playernya ini secara serentak, jika season recap kalian sudah rilis, belum tentu teman kalian sudah rilis. Jadi bagi yang belum rilis, harap bersabar dan jangan lelah untuk menunggu ya!

Jika kalian sudah melihat adanya pilihan fitur season recap di pojok kanan bawah layar smartphone kalian, maka kalian bisa segera mengklik fitur tersebut.

Baca Juga : Etika Bermain PUBG Mobile Bersama Teman, Simak Penjelasannya Disini!

 

Match History

Dibawah nama id PUBG Mobile milik kalian, seperti pada contoh gambar di atas terlihat tulisan “Crown V” yang berarti pada season yang sedang berlangsung ini kalian sedang berada pada peringkat tersebut.

Jadi tulisan peringkat yang dibawah nama karakter id itu bukanlah peringkat pada season sebelumnya atau peringkat dari hasil rekapan, melainkan peringkat yang sedang kalian tempati di season yang sedang berlangsung.

Seperti pada gambar di atas, kalian bisa melihat bahwa karakter ini selama 60 hari sudah bermain sebanyak 411 match. 60 hari adalah jumlah satu season terhitung, kalian bisa memperhatikannya mulai dari sekarang bahwa tiap season di PUBG Mobile pasti berlangsung tidak lebih 2 bulan.

411 match itu bukanlah match yang hanya di peringkat tertinggi saja, namun jumlah keseluruhan match yang dimainkan pada tiap server, tiap mode fpp dan tpp, serta semua mode jumlah pemain dimulai dari solo, duo, hingga squad. Pada laman tersebut juga dikatakan bahwa karakter ini sudah bermain selama 99,3 jam.

Jadi bagi kalian yang ingin mengetahui berapa jumlah jam yang kalian habiskan selama satu season untk PUBG Mobile, kalian bisa melihat hasilnya di season recap ini. Sudah berapa jam yang kalian habiskan untuk season lalu? Puluhan, ratusan, atau bahkan sudah ribuan jam?

Pada baris kedua dijelaskan senjata apa yang paling sering kalian gunakan serta jumlah damage yang kalian hasilkan. Seperti contoh di atas, kalian bisa melihat bahwa karakter ini mencintai senjata M416 yang tandanya, sebagian besar permainan yang dimainkan karakter ini, pasti menggunakan senjata M416.

Damage pada gambar di atas adalah sebanyak 184078, yang berarti itu adalah jumlah damage yang berhasil diberikan karakter ini kepada musuh. Semakin banyak damage yang kalian keluar, maka sudah dipastikan ada dua kemungkinan.

Jumlah match kalian tidak terlalu banyak namun memiliki gameplay yang agresif dan lincah sehingga mudah rasanya mengumpulkan damage, atau kalian bukanlah pemain yang agresif atau pro namun memiliki jumlah match yang banyak.

Membunuh bot juga dimasukkan ke dalam rekapan ini lho damagenya, jadi jangan pernah sia-siakan bot, ya!

Nah pada baris ketiga ini akan diperlihatkan mode permainan apa yang kalian suka. Apakah kalian menyukai mode solo, duo, hingga squad? Apakah kalian lebih suka bermain dalam mode tpp atau fpp? Semuanya akan terlihat pada season recap ini.

Kalian bisa melihat seperti contoh gambar di atas bahwa pemain ini selama satu season sering memainkan mode Squad TPP yang mana mode ini adalah mode yang pastinya paling sering dimainkan oleh sebagian besar player PUBG Mobile.

PUBG Mobile menyediakan empat map yaitu Erangel, Miramar, Sanhok, dan Vikendi. Nah pada season recap ini juga dapat terlihat map apa yang paling sering kalian mainkan.

Karena PUBG Mobile menyadari bahwa tidak semua player menyukai keempat map yang mereka buat, di tiap map tersebut memiliki karakteristik masing-masing yang pastinya tiap player pasti memiliki kecocokannya masing-masing terhadap map tersebut.

Seperti contoh gambar di atas yang bisa kalian lihat, season recap tersebut menyebutkan bahwa karakter ini sebagian besar waktu bermain PUBG Mobilenya dalam satu season dihabiskan pada map Sanhok.

Untuk melihat berapa kali kalian memenangkan sebuah permainan mode classic dalam satu season penuh, season recap ini tentunya juga akan memperlihatkannya kepada kalian. Terlihat seperti pada contoh gambar di atas, player ini memenangkan 31 kali permainan selama season 12. Berapa jumlah permainan yang berhasil kalian menangkan?

Baca Juga : Bermain Mode Classic PUBG Mobile Hanya dengan Senjata SMG? Begini Caranya!

 

Moments of Glory

PUBG Mobile tentunya juga merekam momen-momen penting atau berharga yang terjadi pada karakter kalian, yang mungkin saja momen tersebut tidak akan terulang sebanyak dua kali.Sehingga PUBG Mobile memasukkannya ke dalam rekapan tiap season yang mereka buat.

Pada poin pertama dapat dilihat bahwa player ini memiliki damage terbesar sebanyak 2537 poin. Hal ini berarti, player tersebut dalam satu permainan classic mode pernah mengumpulkan damage sebanyak 2537 poin, dan seperti yang terlihat pada sisi kiri poin pertama, match tersebut terjadi pada tanggal 15 Januari 2020.

Mengapa 2020? Karena Season 12 berlangsung di tahun 2020, jadi sudah pasti momen tersebut terjadi pada tanggal 15 Januari di tahun 2020.

Poin kedua diperlihatkan juga kepada kalian berapa jumlah kill terbanyak yang berhasil kalian kumpulkan dalam satu permainan. Seperti pada contoh gambar di atas ini, player tersebut berhasil mengumpulkan jumlah kill sebanyak 16 poin dalam satu permainan mode classic.

Tanggalnya pun sama seperti pada poin pertama, jadi dapat disimpulkan pada saat player ini mengumpulkan jumlah kill terbanyak dalam season tersebut, di saat yang bersamaan pula player ini berhasil mengumpulkan jumlah damage terbanyaknya. Nah, bagaimana dengan kalian?

Apakah damage terbesar kalian waktunya terjadi bersamaan dengan momen pengumpulan kill terbanyak kalian?

Bagi kalian yang memainkan PUBG Mobile untuk permainan yang benar-benar ditekuni atau dipelajari secara serius bukan hanya sekedar untuk bersenang-senang saja, maka kalian pasti tidak akan asing dengan poin KD.

Terutama jika kalian merupakan player kompetitif, angka KD yang dimiliki oleh karakter kalian adalah hal yang penting. Tahukah kalian bahwa salah satu syarat untuk diterimanya seorang player ke dalam sebuah tim esports adalah: memiliki KD yang tinggi sesuai ketentuan dari esports tersebut.

Dapat dilihat seperti contoh di atas bahwa player ini berhasil menyentuh KD tertingginya yaitu 7.3333 yang terjadi pada tanggal 26 Februari 2020. Bagaimana dengan kalian? Berapa KD tertinggi kalian pada season lalu?

Pada poin paling terakhir, kalian dapat mengetahui peringkat tertinggi apa yang berhasil kalian raih. Jika kalian lihat seperti pada contoh gambar di atas, player tersebut berhasil mencapai peringkat tertingginya yaitu ACE.

Peringkat ACE tersebut diraihnya pada tanggal 3 Maret 2020. Tidak perlu khawatir, peringkat apapun yang berhasil kalian raih akan terlihat disini. Jika misalnya kalian hanya berhasil meraih peringkat Diamond V sekalipun, rekapan ini tetap akan menunjukkannya beserta dengan tanggalnya.

Jadi bukan hanya peringkat tertinggi seperti Conqeueror, ACE, atau Crown saja ya!

Di tengah layar, kalian bisa melihat tulisan “MVP 99 times” yang tandanya player ini berhasil menjadi MVP selama season 12 tersebut sebanyak 99 kali. MVP adalah singkatan dari Most Value Person, yang berarti player tersebut merupakan player yang paling bermakna dalam satu permainan.

Jika kalian bermain solo, sudah pasti kalian menjadi MVP-nya. Seorang MVP akan benar-benar terlihat jika kalian bermain mode Duo, apalagi mode Squad tentunya. Seorang MVP akan ditentukan seperti berapa jumlah heal yang mereka lakukan, revive, jumlah kills, damage, hingga berapa menit player tersebut bertahan.

Semuanya di akumulasi dan dibandingkan dengan player lainnya sehingga terpilihkan siapa MVP diantara 2-4 pemain tersebut. Pada gambar di atas, dapat dilihat bahwa player tersebut berhasil menjadi MVP sebanyak 99 kali di dalam 411 match yang dia lewati.

Bagaimana denganmu? Berapa kali kalian menjadi MVP pada season 12 lalu?

Dibawah tulisan MVP, kalian bisa melihat dua medali yang tertera. Terlihat dua medali tersebut bertuliskan Too Soon dan Medic. Tandanya, player ini sering mendapatkan kedua medali tersebut selama season 12, atau dapat disimpulkan hampir sebagian besar match yang dia mainkan pasti mendapatkan medali Medic atau Too Soon.

Apa itu medali medic? Medali medic didapatkan oleh seorang player jika dia berhasil mengisi darah sebanyak lebih dari 500 poin. Ketika player tersebut melalukan revive pun poin ini juga akan dihitung. Sedangkan dengan Too Soon berarti player ini sering menjadi korban pada menit-menit awal permainan.

Biasanya player ini akan mati terbunuh oleh musuh pada 1-3 menit awal permainan mode classic, tentunya player ini akan mengalami banyak pengurangan poin hingga mendapat medali Too Soo.

Wah, berarti player ini sering mati di awal permainan ya selama season 12 kemarin sehingga PUBG Mobile pun memberikannya medali Too Soon di laman season recapnya, nah bagaimana dengan kalian?

Baca Juga : Mau Menjadi Player Pro Sniper PUBG Mobile? Simak Caranya Disini!

 

Friend Team Up Stats

Pada lama ini dapat dilihat ada tiga bagian yang masing-masing bagian tersebut terdapat nama dan foto dari player yang sering menghabiskan waktunya bersama dengan player yang mempunyai season recap ini.

Pada poin pertama kalian dapat melihat bahwa player ini berhasil memenangkan 14 permainan mode classic bersama dengan temannya yang berada di lama tersebut. Player ini juga telah memain match bersama dengan temannya yang berada di lama ini sebanyak 155 match, dan 35 kali mati bersama karena terjatuh.

Terjatuh disini bukan hanya terjatuh dari ketinggian, tapi bisa seperti terkena ledakan red zone, atau bahkan mati karena ledakan mobil yang ditembak oleh musuh. Dapat kalian lihat bahwa ketiga poin tersebut ditampilkan nama player yang sama, berarti memang player ini benar-benar dekat player tersebut.

Jika kalian sering bermain dengan banyak player lainnya, maka tidak menutup kemungkinan bawah tiap bagian dari ketiga bagian tersebut memiliki nama yang berbeda-beda. Terutama bagi para pejuang bucin yang sampai membawa kebucinan tersebut ke dalam PUBG Mobile, pasti nama pasangan kalian akan muncul pada laman ini!

Baca Juga : Cara Bermain Mode Classic di PUBG Mobile Hanya dengan Senjata AR!

 

Berdasarkan penjelasan kami di atas, semoga artikel ini dapat membantu kalian untuk lebih memahami tiap poin yang ditampilkan pada fitur season recap di PUBG Mobile. Fitur season recap ini bersifat sementara, akan terus berubah atau di update ketika season telah berganti.

Jadi jika kalian memiliki hasil rekapan yang tidak begitu memuaskan, kalian bisa menjadikannya sebagai acuan untuk belajar memperbaiki performa bermain kalian agar memiliki gameplay yang lebih baik lagi, dan bisa melebihi hasil rekapan season sebelumnya.

Semangat terus ya para pejuang WWCD, terima kasih sudah menyimak!

Website ini menggunakan Coookie untuk kestabilan akses, Apakah kamu menerimanya? Terima! Detail Tetang Cookie

error: Content is protected !!