10 Game MOBA Terbaik Android dan iOS Saat ini!

Esportsku merangkum daftar game moba terbaik yang bisa kalian mainkan. Jadi para pemain moba tidak perlu khawatir jika bosan dengan gamenya

Mungkin saat ini, game Mobile Legend: Bang Bang merupakan game Android genre MOBA favorite di Indonesia. Tapi tahukah kalian tentang game moba terbaik di android maupun iOS selain mobile legends?.

MOBA adalah singkatan Multiplayer Online Battle Arena. Ini adalah jenis game pertempuran yang melibatkan banyak pemain. Kehadiran game MOBA di Android memang cukup digandrungi oleh banyak orang.

Popularitas beberapa game MOBA Android yang akan dibahas di sini memang sudah tidak diragukan lagi. Saking populernya, beberapa game MOBA ini sering dijadikan sebagai e-sport atau olahraga elektronik yang melibatkan banyak peserta dari berbagai belahan dunia. E-sport ini tidak tanggung-tanggung, Mereka mempunyai terunamen e-sport dengan total hadiah yang sangat besar.

Tujuan dari game ini, kalian akan bermain sebagai bagian dari tim untuk menghancurkan tower utama di basis lawan. Dalam satu tim harus dipertimbangkan memiliki hero dengan role, specialty, dan skill yang berbeda-beda. Komposisi hero yang seimbang memungkinkan kita menguasai medan pertempuran, sehingga bisa memuluskan jalannya strategi, dan muncul sebagai pemenang. Game MOBA bisa dinikmati dan seru karena bisa dimainkan bersama teman-teman, istilah kekiniannya ‘mabar‘ atau main bareng. Selain itu, kompleksitas yang ada membuat banyak gamer tertantang.

Untuk bisa memainkan game MOBA dengan lancar dan tidak menemui kendala pastinya kalian membutuhkan smartphone dengan spesifikasi yang mempuni.  Nah, buat kalian yang penasaran dengan game MOBA terbaik dan terbaru di 2020 yang bisa dimainkan di handphone Android.

Berikut ini Esportsku telah merangkum Game MOBA terbaik android dan iOS yang bisa pemain MOBA mainkan :

  1. League of Legends: Wild Rift
  2. Mobile Legends: Bang Bang
  3. Arena Of Valor
  4. Vainglory
  5. Marvel Super War
  6. Onmyoiji Arena
  7. Heroes of Order & Chaos
  8. Heroes Evolved
  9. Bug Heroes 2
  10. Lokapala

League of Legends: Wild Rift

Pada tanggal 16 September yang lalu Riot Games telah resmi membuka tahap CBT (Closed-Beta Test) dari game League of Legends: Wild Rift di region Asia Tenggara termasuk di Indonesia. Ini merupakan versi mobile dari LoL. Hadirnya salah satu game MOBA buatan Riot tersebut, disertai dengan grafis dan gameplay yang menarik akan mengguncangkan game Per-MOBA-an di Indonesia.

Jika kita melihat review gameplay dari Leage of Legends: Wild Rift ini memang benar-benar hampir serupa dengan League of Legends pc pada umumnya. Reviewer menyebutkan, kualitas map dan juga karakter dari Wild Rift ini sangat rapi. Versi Closed-Beta, mempunyai 42 Champion yang dapat dicoba oleh para pemain. Selain itu juga terdapat Monster Jungle, Baron, Dragon dan beberapa skin yang tersedia. Reviewer menyebutkan bahwa Riot Games ingin mengajak pemain baru, yang tidak pernah mencicipi League of Legend versi PC atau pemain muda agar bisa mencicipi pengalaman League of Legends.

Reviewer menyebutkan banyak perbedaan yang terlihat dari League of Legend: Wild Rift dengan MOBA Android lainnya. Kalian harus memperhatikan last hit untuk mendapatkan gold lebih banyak. Kalian juga harus balik ke base untuk mendapatkan item kalian. Nah kalian juga harus memasang ward, agar kalian bisa melihat daerah gelap atau FOG yang biasanya musuh bersembunyi disana. Punsihment ketika mati juga sangat berpengaruh disini, ketika kalian mati dalam game 2-3x, kalian akan ketinggalan Gold maupun XP. Nah, League of Legends: Wild Rift ini akan keluar pada tanggal akhir Oktober 2020. Setelah itu, Wild Rift akan merilis game secara menyeluruh pada akhir tahun 2020. Berani mencoba?

Spesifikasi Game:

Developer: RV AppStudios

Jenis Game: Multiplayer Online Battle Arena

Ukuran File: Bervariasi berdasarkan perangkat

OS Versi: Bervariasi berdasarkan perangkat

Instal: –

Rating: –

Mobile Legends: Bang Bang

Mobile Legends: Bang Bang mungkin sudah tidak asing dan sangat populer bagi pengguna Android di Indonesia. Pertandingan MOBA 5v5 secara langsung melawan lawan sungguhan.  Bertarung di 3 sisi untuk melawan tower musuh, 4 area hutan, 18 tower pertahanan, dan 2 boss yang besar dan kuat. Matchmaking dengan waktu 10detik dan pertarungan gameplay yang berakhir sekitar 10 menit.  Kontrol yang sederhana menggunakan joystick virtual di kiri dan tomkbol skill di kanan.

Mobile Legends: Bang Bang adalah game yang play to win, bukan pay to win. Kita bisa memenangkan pertandingan dengan kerjasama team dan strategi. Blok serangan, mengendalikan lawan, dan menyembuhkan teammates. Pemilihan strategi hero antara Tanks, Mages, Marks, Assasin, Support, dan Lainnya juga sangat berpotensi untuk kemenangan team. Sejak tahun 2016 kemarin Mobile Legends sudah berhasil diunduh oleh 100 Juta orang. Hal tersebutlah yang membuat Mobile Legends menjadi game yang paling populer di Google Play.

Spesifikasi Game:

Developer:  Moonton

Jenis Game: MOBA
Ukuran File: 98 MB
OS Versi: 4.1 dan yang lebih tinggi

Instal: 100.000.000+
Rating: 4.0 dari 22.721.638 User

Arena of Valor

Arena of Valor atau biasa disingkat menjadi AOV adalah game berjenis MOBA yang dimainkan di smartphone Android. Berbeda dengan game jenis lainnya, MOBA merupakan jenis game yang begitu kompetitif. Jadi, sepanjang permainan klian akan selalu bertarung melawan pemain lain secara online dengan koneksi internet. Tujuan akhir dari game ini adalah menjadi gamer terbaik dan berjuang untuk naik ke puncak melalui pertarungan tanpa mengenal lelah. Karena pertarungannya yang kebanyakan dilaksanakan secara beregu, maka melakukan kesalahan yang mengakibatkan timmu kalah akan menghasilkan cercaan, kemarahan, dan antipati dari anggota tim.

Ada tiga mode permainan yang ditawarkan oleh Arena of Valor, di antaranya adalah 1 vs 1, 3 vs 3, dan 5 vs 5. Salah satu mode permainan yang paling populer adalah 5 vs 5 dimana ia tampil dengan format tiga lane, sama seperti MOBA yang ada di PC. AOV memiliki tiga fitur unik, di antaranya adalah Item, Talent, dan Arcana. Item berfungsi untuk meningkatkan atribut hero, yaitu attack, defense, movement dan jungling. Sementara Talent merupakan atribut tambahan yang dapat digunakan untuk meningkatkan skill hero dalam permainan. Di sisi lain, Arcana berfungsi untuk meningkatkan atribut dasar hero seperti atack, HP, defense dan berbagai skill lainnya. Arcana akan terbuka di level 7 dan terdiri dari 10 halaman (Arcana Page) yang dapat disesuaikan dengan hero yang akan dipakai.

Arena of Valor mempunyai sistem komunikasi melalui suara di tengah permainan. Mendengar anggota tim yang melempar sumpah serapah ketika dia kalah sudah menjadi hal biasa. Namun, tujuan utamanya adalah agar kerjasama tim menjadi lebih mudah. Ingat, tanpa kerjasama tim yang baik, jangan bermimpi untuk bisa naik ke posisi yang tinggi di dalam AOV.  Pada AOV, kalian dapat mengendalikan hero dengan menggunakan touch stick di layar smartphone Android. Gerakan jari di atas stick tersebut akan menentukan arah hero. Setelah itu, pada sisi lain kalian bisa menemukan tombol untuk menyerang dan menggunakan skill.

Spesifikasi Game:

Developer: MOBA Games Private Limited

Jenis Game: Multiplayer Online Battle Arena

Ukuran File: Bervariasi berdasarkan perangkat

OS Versi: 4.0.3 dan yang lebih tinggi

Instal: 10.000.000+

Rating: 3.6 dari 1.065.436 User

Vainglory

Vainglory adalah game MOBA lintas-platform bebas-main pemenang penghargaan dengan kedalaman strategis dan keterampilan mekani. Layaknya game sejenis di PC seperti Dota 2 atau League of Legends, Vainglory juga mengusung multiplayer online battle arena atau pertarungan player vs player dengan objektif menghancurkan sebuah bangunan yang disebut Vain Crystal di markas tim lawan. Meraih objektif tersebut dengan sukses tidaklah mudah, karena banyak hal akan merintangi usaha kalian.

Kalian akan berperan sebagai hero di dalam tim yang terdiri dari tiga orang. Masing-masing orang akan mengendalikan seorang hero yang bahu-membahu menghadapi tim lawan. Setiap hero memiliki skill dan karakteristik yang berbeda, sehingga diperlukan strategi dan koordinasi untuk dapat menyelesaikan objektif dengan efektif.Tidak hanya tim lawan, kalian juga akan menghadapi berbagai rintangan yang menghadangmu untuk menghancurkan Vain Crystal. Rintangan yang ada antara lain prajurit minion dan turret. Untungnya, kalian bisa membeli berbagai item yang mampu membuat kekuatanmu berlipat ganda serta menambal kelemahan yang ada

Vainglory merupakan salah satu game pelopor yang menggunakan developer kit Metal. Kit tersebut mengizinkan para developer untuk membawa detail grafis yang sangat tajam tanpa harus mengorbankan performa game, dan itu pula yang dilakukan oleh Super Evil Megacorp. Tampilan hero, lingkungan, maupun efek visual yang dapat kalian lihat selama permainan terlihat hidup dan dinamis. Animasi maupun pergerakan dunia Halcyon Fold tempat pertarungan berlangsung juga terlihat mulus dan tajam. Menampilkan grafis yang luar biasa, kontrol presisi, dan paritas permainan kompetitif di semua platform, Vainglory memungkinkan kalian berpesta dengan teman dan berpasangan dengan pemain di seluruh dunia di smartphone Android maupun PC!

Spesifikasi Game:

Developer: Super Evil Megacorp

Jenis Game: Multiplayer Online Battle Arena

Ukuran File: 29 MB

OS Versi: 4.1 dan yang lebih tinggi

Instal: 10.000.000+

Rating: 3.7 dari 827.859 User

Marvel Super War

NetEase Games baru-baru ini telah meluncurkan game MOBA (Multiplayer Online Battle Arena) mobile barunya yang diberi nama Marvel Super War. Game ini adalah hasil kolaborasi NetEase dengan Marvel Entertainment. Pada tanggal 19 Desember 2019, MARVEL Super War sudah dapat diunduh dan dimainkan secara gratis di Google Play. Game ini memiliki size yang cukup besar yaitu sebesar 1.23GB. Namun ukuran yang besar tersebut akan dibayarkan dengan kualitas grafis yang bisa dibilang sangat bagus untuk sebuah game MOBA mobile. Hal yang menjadi daya tarik Marvel Super War adalah tampilan grafisnya yang dahsyat, bukan hanya di antara judul-judul MOBA tapi bahkan di antara seluruh game mobile secara umum.  Grafisnya sangat lah epic, mulai dari detail para karakter, efek skill, serta arena pertarungan digambarkan.

Marvel Super War menyediakan enam role yang bisa digunakan, yaitu Fighter, Energy, Marksman, Assassin, Tanker, dan Support. Tentunya dari berbagai role ini kamu bisa mengembangkan gaya permainan yang berbeda-beda di dalam tim. Dalam Marvel Super War ada 44 karakter superhero maupun villain dari semesta Marvel yang dimasukkan. Beberapa dari mereka telah kita kenal dari Marvel Cinematic Universe sementara ada juga yang belum membuat penampilan di sana. Puluhan karakter ini jadi sajian yang menarik. Pasalnya, setiap karakter tersebut kita kenal lebih dulu punya kemampuan unik masing-masing. Beberapa Hero yang mendapatkan skin spesial tersebut seperti Hulk yang mendapatkan kostumnya di Thor Ragnarok sehingga Iron Man yang memiliki skin seperti halnya Mark 50 yang digunakan Tony Stark di Avengers: Infinity War.

Spesifikasi Game:

Developer: Foursaken Media

Jenis Game: Action – Multiplayer Online Battle Arena

Ukuran File: 56 MB

OS Versi: 4.1 dan yang lebih tinggi

Instal: 10.000.000+

Rating: 4.1 dari 190,056 User

Onmyoiji Arena

NetEase membuat pengumuman bahwa game MOBA dari franchise Onmyoji, yang berjudul Onmyoji Arena telah resmi dirilis di server SEA. Di market Cina game ini telah dinobatkan sebagai terlaris, sesaat setelah game tersebut tersedia diawal September 2016. Game dengan style anime ini telah mencapai 1 juta pemain harian aktif pada tanggal 9 September 2016 dan lebih membanggakan nya lagi, Onmyoji sangat populer di semua platform jaringan sosial di Cina

Game buatan NetEase ini akan menghadirkan karakter-karakter dari dunia Onmyoji kedalam sistem MOBA, melalui Onmyoji Arena. Secara permainan Game ini memiliki sistem dan gameplay yang sangat mirip dengan game-game MOBA analog mainstream lainnya. Namun ada beberapa perbedaan yang dimiliki game ini, salah satunya adalah, luas peta petempuran akan lebih besar dibandingkan game MOBA yang lain, serta level maksimal tiap karakter mu adalah 18. Selain itu  akan tersedia 4 skill yang bisa kalian gunakan.

Gaya visual dan elemen kebudayaan dari Onmyoji adalah sedikit udara segar dalam pasar mobile game di Cina. Desain karakter tradisional Jepang ditambah dengan ilustrasi berkualitas tinggi, musik dengan level film dan pengisi suara yang hebat telah membantu menarik perhatian banyak orang. Kemudian game ini semakin viral setelah diberitakan oleh media dan dibicarakan oleh banyak orang. Hero di game ini disebut sebagai shikigami, yang berarti roh panggilan. Desain karakternya juga lain dari MOBA kebanyakan. Jika game-game MOBA lain menggunakan desain karakter 3-D yang begitu mendetail, Onmyoji Arena menggunakan desain dengan gaya khas anime yang dipercantik dengan sentuhan 3-D.

Spesifikasi Game:

Developer: NetEase Games

Jenis Game: Action – Multiplayer Online Battle Arena

Ukuran File: 63 MB

OS Versi: 5.0 dan yang lebih tinggi

Instal: 5.000.000+

Rating: 4.2 dari 317.281 User

Heroes of Order & Chaos

Gameloft yang selalu memberikan game terbaik bagi kalian, kini menghadirkan Heroes of Order & Chaos. Menggunakan genre permainan MOBA (Multiplayer Online Battle Arena) yang sedang ngetop, kalian akan diajak berpetualang di lembah Sinskaald bersama puluhan jagoan pilihan. Di awal permainan, kalian akan medapatkan banyak tutorial untuk mendapatkan pola pikir yang utuh dalam memahami game ini. Mulai dari menggerakkan karakter, menyerang dan menghindar dari lawan. MOBA sebetulnya mirip game point and click yang sudah ada selama ini, bedanya kalian diwajibkan terhubung ke internet dan di Heroes of Order & Chaos ini sistemnya adalah duel 3 lawan 3 atau 5 lawan 5.

Cara menjadi grup pemenang di setiap permainan dalam Heroes of Order & Chaoes yaitu dengan cara menghancurkan menara milik musuh dari yang paling kecil hingga pusatnya. Tentunya kalian harus bahu-membahu menyerang musuh bersama teman satu grup untuk terus dapat menaikkan level dan semakin kuat. Gunakan juga koin emas yang diperoleh sepanjang permainan untuk membeli potion atau senjata dan perlengkapan lainnya. Jangan kaget jika pertarungannya akan berlangsung cukup sengit, mengalami beberapa kali kematian dan harus respawn

Heroes of Order & Chaos sebetulnya tidak melulu tentang bermain game dan beraksi di pertarungan loh. Kalian bisa melihat tampilan home dari game ini dengan beragam pengaturan, panduan bermain dan hal seru seperti Fun Mode. Yaitu mode menonton para pemain lain ketika bermain game ini untuk mempelajari strateginya atau saling berbagi komentar. Pengguna juga bisa menikmati mode pertarungan yang penuh kustomisasi atau hal menarik lainnya jika. Tentunya jika telah mencapai level tertentu.

Spesifikasi Game:

Developer: Gameloft SE

Jenis Game: Action – Multiplayer Online Battle Arena

Ukuran File: 38 MB

OS Versi: 4.1 dan yang lebih tinggi

Instal: 10.000.000+

Rating: 3.6 dari 719.127 User

Heroes Evolved

R2Games sebagai perusahaan distributor game online dan game mobile internasional melihat peluang ini dan merilis Heroes Evolved lengkap dengan terobosan fitur-fitur terkini yang diyakini mampu mengguncang atmosfir MOBA di smartphone Android. Keseriusan R2Games menggarap Heroes Evolved dibuktikan dengan banyak pembaharuan/update baik dari sisi backend, frontend dan tentunya fitur serta heroes (sedikitnya 40 karakter dengan jumlah skill sebanyak empat per hero-nya) yang disajikan.

Perbedaan Heroes Evolved dengan MOBA lain, terdapat fitur Fog of War yang akan membuat map jadi gelap kecuali ada teman satu tim kalian ataupun creep tim kalian yang berada di sana. fitur Fog of War yang ada di game ini membuat setiap game nya menjadi lebih menarik dan menantang karena kalian tidak akan tahu siapa yang akan membuntuti dan berencana nge-gank kalian. Dengan adanya fitur ini, kalian diwajibkan selalu berhati-hati saat farming di lane karena pandangan yang terbatas. Karena adanya fitur Fog of War, maka dari itu Heroes Evolved juga menyediakan fitur Observer Wards. Map gelap bukan halangan, kalian cukup klik Observer di pojok kanan bawah dekat tombol skill dan memasangnya di tempat yang sekiranya gelap.

Terlebih, kalian bisa langsung teleport ke Tower untuk pindah lane farming, membantu teman yang sedang kena gank. Jadi di Heroes Evolved tidak hanya recall ke base saja. Game ini jadi makin menarik saat terdapat atribut seperti strength, agility, dan intelligence. Dan banyak juga item-item yang bisa menambah atribut tersebut, seperti memberikan mana ke teman (Mana Boots), dan juga memunculkan ilusi hero (Shapeshifter’s Axe). Selain itu ada juga atribut seperti strength, agility dan intelligence.

Spesifikasi Game:

Developer: Netdragon Websoft Inc,

Jenis Game: Action – Multiplayer Online Battle Arena

Ukuran File: Bervariasi berdasarkan perangkat

OS Versi: 4.3 dan yang lebih tinggi

Instal: 10.000.000+

Rating: 3.6 dari 629.998 User

Bug Heroes 2

Dalam game Bug Heroes 2, kalian akan bertempur melawan serangga lainnya sembari mempertahankan benteng kalian dan mengumpulkan makanan-makanan yang tercecer. Kalian juga diharuskan untuk melindungi benteng dengan membangun senapan mesin sampai meriam. Gameplay pada Bug Heroes 2 menyediakan 3 tempat utama yang akan menjadi arena kalian bermain yaitu dapur, ruang tamu dan juga halaman belakang. Walaupun game ini berbayar, namun game ini sangat layak untuk dimainkan.

Kalian bisa bermain karakter Bug Heroes 2 dengan 25 karakter serangga yang berbeda-beda. Pertama kali bermain, kalian hanya dapat membuka 2 karakter serangga. Sedangkan 23 karakter lainnya bisa kalian buka dengan bintang yang kalian dapat dari melakukan di mode mission. Kontrol yang lebih kompleks namun tetap mudah digunakan. Dalam Bug Heroes 2, kalian dapat menggerakkan kedua karakter yang kalian mainkan secara bersama-sama. Bahkan kalian dapat mengatur strategi dengan meninggalkan 1 karakter di dekat food base, sedangkan karakter lainnya berjalan mencari makanan. Kalian cukup tap tombol dengan simbol anak panah yang ada di bagian bawah kanan layar kalian

Ada 3 mode yang bisa kalian mainkan dalam Bug Heroes 2 ini, yaitu mission, endless dan juga skirmish. Di mode mission, kalian akan melawan musuh sambil melakukan misi yang disediakan seperti mempertahankan food base selama 2 menit atau membangun 3 turret dan mempertahankannya selama 1 menit dari serangan musuh. Setiap misi yang berhasil, kalian akan mendapatkan bintang dan terkadang gem. Di mode endless, kalian hanya akan diuji seberapa lama kalian bisa mempertahankan food base milikmu. Sedangkan di mode skirmish, kalian akan melawan musuh sekaligus ditugaskan untuk merebut pos pertahanan mereka. Selain itu, kalian juga bisa bermain secara multiplayer baik dengan teman di Game Center atau lokal dengan menggunakan koneksi wi-fi atau bluetooth. Kalian bisa bermain 1 lawan 1 sampai 2 lawan 2 dengan seluruh pemain Bug Heroes 2 di seluruh dunia.

Spesifikasi Game:

Developer: Foursaken Media

Jenis Game: Action – Multiplayer Online Battle Arena

Ukuran File: 99 MB

OS Versi: Bervariasi berdasarkan perangkat

Instal: 10.000+

Rating: 4.3 dari 5.976 User

LOKAPALA

Lokapala merupakan sebuah game moba terbaik yang harus kalian mainkan. Game ini besutan dari Indonesia lho. Jadi kalian yang bermain game moba wajib memainkan game lokapala karena merupakan buatan lokal yang tak kalah seru juga.

Hero-heronya merupakan hero yang terinspirasi dari cerita-cerita di Indonesia itu sendiri. Jadi, kalian harus mainkan game ini ya!

Spesifikasi Game:

Developer: OOLEAN GAMES

Jenis Game: Action – Multiplayer Online Battle Arena

Ukuran File: 91 MB

OS Versi: 4.4 Keatas

Instal: 1.000.000+

Rating: 3.7 dari 48.000 User

Itulah game multiplayer online battle arena mobile terbaik di Android. Dari list game diatas, mana yang menurut kalian MOBA terbaik? Ohiya, kalian juga bisa memainkan game moba offline terbaik yang pernah esportsku bahas sebelumnya ya

Website ini menggunakan Coookie untuk kestabilan akses, Apakah kamu menerimanya? Terima! Detail Tetang Cookie

error: Content is protected !!