siapa

Apakah Minecraft termasuk Esports?

Minecraft Esports memang jadi pertanyaan setiap orang. Esports telah menjadi salah satu cabang olahraga yang menarik minat banyak orang.  Bagaimana tidak, hanya dengan bermain saja, pemain dapat dibayar seperti seorang atlet olahraga.  Meski terdengar mudah, seorang atlet Esports haruslah memahami seluk beluk permainan tersebut dan memiliki refleks yang sangat baik agar dapat memenangkan permainan tersebut.

Belakangan ini, terdapat sebuah permainan yang sangat menarik dan menjadi salah satu permainan dengan penjualan tebanyak Bernama Minecraft.  Lantas, apakah dengan penjualan terbanyak ini, Minecraft termasuk Esports?

Apa Itu Minecraft?

Minecraft adalah sebuah permainan berjenis sandbox multi-platform yang dikembangkan oleh Mojang Studio.  Permainan ini pertama kali release pada tanggal 18 November 2011.  Sesuai jenis permainannya, Minecraft mengandalkan kreativitas para pemainnya.

Permainan diawali dengan pemain yang spawn di suatu tempat secara acak.  Pemain memainkan seorang tokoh Bernama Steve.  Dengan kreativitas masing-masing, pemain harus bisa bertahan hidup ataupun sekedar mengumpulkan berbagai jenis barang untuk membuat sesuatu.  Salah satu tujuan permainan ini adalah mengalahkan monster bernama Ender Dragon, namun banyak juga pemain yang hanya ingin bermain bersenang-senang saja bersama teman-teman.

Apakah Minecraft termasuk Esports?

Menjadikan permainan menjadi sebuah Esports tentu tidaklah mudah.  Pasalnya, terdapat beberapa syarat yang harus terpenuhi agar sebuah permainan menjadi Esports.  Salah satu syarat utamanya adalah harus memiliki pemenang atau bersifat kompetitif.  Syarat lainnya yang harus terpenuhi seperti:

  1. Memiliki pemain dan komunitas yang sangat besar
  2. Memiliki pendanaan yang mumpuni
  3. Kompleksitas cara bermain
  4. Memerlukan kepintaran dan mental, dan
  5. keseimbangan karakter.

Contoh permainan yang dapat dikategorikan sebagai Esports seperti DOTA 2, Mobile Legend, Wild Rift, CS:GO, hingga Tetris.

Dari syarat-syarat di atas, Minecraft melewatkan satu syarat penting menjadi sebuah Esports, yaitu bersifat kompetitif.  Tapi, apakah benar Minecraft tidak bisa menjadi sebuah Esports?

Mini-games Minecraft

Minecraft
Sumber: Youtube Black Plasma Studio https://www.youtube.com/watch?v=0XtAavLEdMk

Nyatanya, Minecraft bisa menjadi sebuah Esports dengan catatan hanya dapat dilakukan di dalam Mini-Games.  Banyak sekali Mini-games Minecraft berjenis PvP (Player vs Player) seperti Bed Wars, SkyWars, Annihilation, dan The Bridges.  Semua Mini-games ini memiliki pemenang yang jelas layaknya permainan kompetitif dan mengandalkan kreativitas para pemain.

Banyak sekali para youtuber dan komunitas Minecraft yang mencoba membuat turnamen menggunakan Mini-games tersebut, seperti contohnya BedWars Tournamet yang dilakukan oleh hypixel.net dan yang dilakukan oleh Mr. Beast seperti ini.

Kesimpulan

Dari penjelasan di atas, Minecraft berpotensi menjadi salah satu Esports.  Mini-games berupa PvP dan gaya bermain yang kreatif dapat menjadikan Minecraft sebagai permainan yang kompetitif.  Memang hingga saat ini Minecraft belum resmi menjadi sebuah Esports yang diakui, namun dengan berbagai inovasi di kemudian hari, Minecraft bisa saja menjadi sebuah Esports yang cukup menyenangkan.

Website ini menggunakan Coookie untuk kestabilan akses, Apakah kamu menerimanya? Terima!Detail Tetang Cookie