Free Fire Haram, Pemain FF Wajib Tahu!

Beberapa game, termasuk Free Fire, pernah diharamkan karena alasan tertentu di daerah Aceh. Respon masyarakat pun beragam, ada yang pro dengan menguatkan fatwa tersebut, ada pula yang kontra dengan menolak fatwa tersebut yang dirasa tidak pas.

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Ini dia info tentang Free Fire Haram yang akan kami bahas lengkap dengan mengingat isu masa lalu. Free Fire merupakan game dengan genre battle royale terbaik saat ini. Sebagai game terlaris saat ini, Free Fire memiliki jumlah player hingga puluhan juta. Namun tak disangka kalau permainan FF ini pernah difatwakan haram di suatu daerah di Indonesia.

Esports tidaklah bisa disamakan dengan permainan pada umumnya. Permainan biasa tentu hanyalah untuk sekadar hiburan namun esports merupakan permainan yang membutuhkan strategi dan latihan agar bisa menguasainya. Selain itu seperti namanya, game yang tergolong esports ya itu berarti merupakan olahraga yang bersifat elektronik atau digital.

Baca juga: Perbedaan Karakter FF Luqueta Vs Antonio Free Fire

Meskipun begitu ada daerah tertentu di Indonesia yang melarang bermain beberapa game esports, termasuk Free Fire, dengan memfatwakan haram terhadap game tersebut. Penasaran? Berikut info selengkapnya.

Awal Permasalahan

Bocoran Skin VSS Mummy Free Fire (FF)

Pada awal tahun 2019 lalu terjadi peristiwa pembantaian muslim ketika sedang melakukan shalat Jum’at yang dilakukan oleh penganut supremasi kulit putih di Christchurch, Selandia Baru. Ternyata hal itu berdampak pada permainan yang memiliki mode peperangan ataupun game FPS seperti PUBG yang dianggap merupakan pemicu untuk melakukan pembantaian.

Majelis Ulama Indonesia (MUI) pun sempat memiliki wacana untuk memfatwakan PUBG dan game yang memiliki mode permainan seperti itu untuk diharamkan. Nyatanya karena banyak penolakan, game tersebut tidak jadi untuk diharamkan.

Fatwa Haram oleh MPU Aceh

Meskipun MUI Pusat telah mencabut wacana pengharaman game itu, ternyata Majelis Permusyawaratan Ulama (MPU) di Aceh justru tetap memfatwakan haram terhadap game tersebut. Keputusan itu dirilis setelah melakukan kajian terkait persoalan tersebut pada tanggal 17-19 Juni 2019 lalu.

Sidang MPU Aceh itu dilakukan dengan mengkaji persoalan tersebut selama tiga hari tersebut. Tema yang diangkat dalam kajian tersebut ialah “Hukum dan Dampak Game PUBG dan Sejenisnya Menurut Fikih Islam, Informasi Teknologi dan Psikologi”.

Sebenarnya memang MPU Aceh telah melakukan penyelidikan terhadap game-game online yang tersebar di Indonesia selama 3 tahun sebelum fatwa Free Fire Haram tersebut dikeluarkan. Kajian menjadi semakin mendalam ketika terjadinya peristiwa pembantaian di Christchurch tersebut.

Baca juga: Bocoran Skin Mesir Kuno FF Elite Pass 29 Free Fire

Apa yang Membuat Game Free Fire Haram?

Free Fire Haram

Seperti yang telah disinggung di atas bahwa pemicu kajian akan haramnya game-game ini ialah karena adanya kejadian pembantaian tersebut yang kabarnya dipengaruhi oleh game PUBG. Karena kajian terhadap game ini telah berlangsung sejak lama, fatwa haram tersebut pun juga berdampak pada game sejenis PUBG termasuk dengan Free Fire yang dikatakan haram.

Berikut merupakan alasan kenapa suatu game bisa diharamkan sesuai dengan fatwa MPU Aceh:

  • Adanya unsur pornografi di dalam game

Untuk yang satu ini memang kita sering menemukan banyaknya karakter perempuan di dalam sebuah game yang mengenakan pakaian minim. Entah dari memamerkan paha sampai dengan menampakkan belahan dada. Selain itu di beberapa game kita mungkin juga suka menemukan adegan yang tidak seronok.

  • Free Fire Haram karena dengan tema perang dan kekerasan

Free Fire, PUBG, dan game sejenis lainnya memang merupakan game yang terinsipirasi dari peperangan di dunia nyata. Wajar jika ini diadopsi ke dalam sebuah permainan. Namun memang dikhawatirkan jika kita bermain tanpa adanya sikap kedewasaan tentu akan membuat pemainnya terpicu untuk bertindak kekerasan. Atau minimal mengeluarkan kata-kata kasar berupa makian. Kalian juga bisa memakai senjata kujang asli Indonesia di free fire lho

  • Memuat unsur Islamophobia atau unsur lain yang menyudutkan Islam

Untuk poin Free Fire Haram yang satu ini mungkin tidak terlepas dari adanya tindakan terorisme yang mengatasnamakan Islam yang terjadi di belahan dunia sana yang membuat sebuah game jadi menyindir Islam.

Hal ini sama dengan apa yang menjadi penyebab free fire ditutup pemerintah Indonesia pada waktu lalu.

Daftar Game yang Haram di Aceh Selain FF

  1. Free Fire
  2. Player Unknown’s Battlegrounds (PUBG)
  3. Mobile Legends (ML)
  4. Call of Duty: Heroes
  5. Point Blank Mobile
  6. Lords Mobile: Battle of Empire
  7. Clash of Kings
  8. Ragnarok M: Eternal Love
  9. Crisis Action
  10. Blitz Brigade
  11. Lineage 2 Revolution
  12. Final Shot
  13. Rise of Kingdoms
  14. Modern Combat 5: Blackout

Respon Terhadap Keputusan Free Fire Haram Tersebut

Tentu saja terjadi banyak pro dan kontra dari berbagai kalangan masyarakat seluruh Indonesia terhadap keputusan fatwa haram terhadap banyak game di atas temasuk free fire. Pihak yang pro terhadap keputusan FF haram memiliki alasan yang serupa dengan MPU tersebut. Selain itu dampak sosial dari bermain game ialah lupanya waktu dan menjadikan seseorang menjadi pemalas dan cenderung anti-sosial.

Pihak yang kontra mengatakan yang seharusnya disalahkan bukanlah game-nya melainkan perilaku orangnya. Game tersebut juga banyak manfaatnya selain untuk hiburan namun juga bisa jadi latihan konstentrasi. Atau bahkan menjadi ladang uang jika menjadi profesi.

Bahkan seperti yang kita sama-sama tahu, esports pun telah ada kejuaraan atau turnamennya. Pemain pro esports pun telah menjadi seorang atlet esports yang artinya ini merupakan sebuah profesi yang menghasilkan uang. Tentu ini bukanlah sebuah permainan yang hanya membuang-buang waktu dan hanya untuk sekadar hiburan semata.

Baca juga: Bocoran Penambang Emas Free Fire, Skin Keren FF!

Apakah FF haram Kalau Sekarang?

Sampai saat ini free fire tetap dibuka bahkan di aceh sekalipun. Yah meskipun ada isu free fire ditutup pemerintah sekarang ini namun kalian tidak perlu khawatir kare isu itu hoax. Jadi, tenang, kalian bisa memainkan game FF ini dan bukan haram kok.

Lagipula isu ini sudah 1 tahun lamanya dan juga sampai sekarang free fire masih tetap eksis dan juga semakin besar skena pro dari game esports free fire ini

Itulah informasi mengenai fatwa haram terhadap game Free Fire dan sejenisnya yang pernah terjadi di Indonesia. Tentu saja semua kembali kepada sikap dewasa dari para pemain FF atas kabarnya haram ini. Jadi kamu yang masih setia bermain FF, tunjukkanlah sikap kedewasaanmu agar pandangan orang terhadap game menjadi lebih positif. Terima kasih dan booyah! Jangan lupa follow instagram esportsku ya!

Website ini menggunakan Coookie untuk kestabilan akses, Apakah kamu menerimanya? Terima! Detail Tetang Cookie

error: Content is protected !!