Karir Pensiunan Pro Player Yang Cukup Tren

Terutama di Indonesia dimana esports masih dipandang kurang begitu serius, agak sulit menjadi pro player sebagai karir utama mereka. Tetapi sebenarnya masih ada banyak yang bisa mereka lakukan nih.

Biasanya memang menjadi pro player bisa dibilang kurang begitu konsisten ya. Dianggap karir, tetapi kurang begitu tepat jadi hal utama. Tetapi ada banyak karir pensiunan pro player yang cukup tren nih.

Terutama di Indonesia dimana esports masih dipandang kurang begitu serius, agak sulit menjadi pro player sebagai karir utama mereka. Tetapi sebenarnya masih ada banyak yang bisa mereka lakukan nih.

Nah sebagai pensiunan pro player memang pastinya muncul nih banyak pertanyaan. Hal seperti akan seperti apa dan bagaimana untuk melanjutkan karir mereka menjadi pikiran utama. Tentunya tidak selamanya bisa bermain terus bukan.

Dengan pengamatan dari saya ini yang bisa kalian lihat. Berbagai karir untuk para pensiunan pro player ini terbilang ramai. Relatif jadi pilihan utama banyak orang, mungkin bisa jadi info menarik untuk kalian.

Disini mari kita bahas mengenai karir pensiunan pro player. Cukup banyak dengan pilihan yang berbeda. Tetapi ya biasanya memang tidak jauh dari skena esports baik pro ataupun tidak nantinya.

Karir Pensiunan Pro Player Yang Cukup Tren

Bagi yang penasaran mengenai apa saja pilihannya bisa nih kalian cek dibawah ini. Cukup variatif walau memang masih berkutat di dunia gaming dan sekitarnya mungkin ya. Langsung saja cek dibawah ini:

  1. Coach
  2. Analyst
  3. Buat Prodak Esports/Brand Ambassador
  4. Buat Org Baru
  5. Streamer/Content Creator

Dengan pilihan yang relatif banyak ini menarik juga ya karir tahap selanjutnya untuk para pensiunan pro player. Hal ini seringkali terjadi memang karena tidak pastinya masa depan jadi pro player saja.

Coach

Biasanya sih ini yang paling umum terjadi. Ketika para pemain pro sudah pensiun bermain di skena pro, jadi coach bisa jadi hal yang menarik dan cocok bagi mereka. Sebut saja Zeys di Mobile Legends, Loda di Dota, dan lainnya.

Analyst

Jadi analyst atau caster juga merupakan karir yang bisa dibilang relatif stabil. Tidak jarang juga mereka ya kembali lagi ke skena pro sebagai pemain, seperti ambisi yang tidak terbendung. Contohnya Ceb di Dota, Potter di CS/Valorant, dan lainnya.

Buat Prodak Esports/Brand Ambassador

Beberapa juga agak melipir sedikit nih dari dunia esports. Walau memang mereka masih jadi bagian skena, tetapi tidak ikut langsung. Tidak jarang yang jadi BA atau bahkan membuat prodak sendiri. Contohnya Fatal1ty, mantan pro Quake.

Buat Org Baru

Bagi yang lainnya, menjalani perjalanan baru di dunia esports lagi bisa jadi pilihan. Misalnya sukses di dunia pro sebagai pemain lalu membuat organisasi merupakan hal yang tidak jarang terjadi. Contohnya Ritter dengan RRQ atau Ocelote dengan G2.

Streamer/Content Creator

TheLoadOut

Yang tidak jarang dan malah sering terjadi yaitu menjajal jadi streamer atau content creator. Paling banyak ya kesini karena dianggap lebih menguntungkan jika memiliki fanbase besar. Sebut saja Shroud, xQc, Myth, dan lainnya.

Mencari hal ataupun masa depan yang lebih stabil, beberapa karir pensiunan pro player jadi alternatif bagi mereka yang ingin melanjutkan hidup mereka lebih jelas lagi dibanding terpaku jadi player saja.

Ikuti juga media sosial kami di Instagram.

Website ini menggunakan Coookie untuk kestabilan akses, Apakah kamu menerimanya? Terima!Detail Tetang Cookie